Cara Merawat Motor

Cara Merawat Motor

cara merawat motorJika motor mulai ngadat pasti nyebelin apalagi ketika ingin bepergian dengan sepeda motor. Hati-hati juga dalam menyalakan motor jangan terlalu terburu-buru menyalakan motornya bisa saja anda kurang merawat motor anda sendiri, saya coba berikan sedikit tips cara merawat motor dengan baik

 

.

Cek Kondisi Oli

Jangan sampai telat dalam mengganti oli mesin terutama untuk motor 4 tak karena oli sangat penting sekali dalam pelumasan seperti stang seher, seher, ring seher, kruk as, noken as, stang klep, serta gear box perseneleng. Gantilah oli secara berkala dan teratur agar komponen yang berada didalam mesin terus terawat.

Cek Kondisi Aki
Cek air accu jangan samapai lewat dari batas maksimum dan minimum, karena efeknya bisa merusak pada sel-sel accu. Jika ingin menambahkan air accu sebaiknya di pagi hari.

Jika kondisi baterai accu sudah melemah cepatlah ganti jangan di tunda terlalu lama karena dampaknya banyak sekali jika accu sudah tidak aktif lagi seperti, lampu sen mati, tidak kuat untuk starter, tidak kuat untuk klakson, dan lain-lain. Dan jika kondisi aki tidak diganti juga maka akan mengeluarkan serbuk putih di kutub positif dan negative.

Apabila sepeda motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dynamo, kontak mesin maupun switch lampu. Kita harus bisa memperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan coba-coba untuk memaksa mendorong untuk menghidupkan motor karena hanya akan merusak gear box saja.

Periksa Rantai dan Gir
Cek kondisi rantai jangan sampai kendor atau terlalu kencang dan cek juga rantai jangan sampai kering rantainya tidak diberi oli, karena efeknya nanti bisa mengakibatkan rantai putus. Jangan lupa cek juga gear  jika sudah terlihat tajam segeralah diganti jika tidak maka rantai motor bisa putus dan bisa membahayakan si pengendara.

Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin

Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskan  sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.

Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Leave a comment